Kalsium, Kunci Kekuatan Tulang

Kalsium merupakan mineral yang memiliki peran sangat penting dalam tubuh. Begitu pentingnya kalsium sehingga jika tidak dikonsumsi dalam dosis yang cukup, fungsi tubuh bisa terganggu.

Selain fungsi utamanya untuk membangun dan mempertahankan kekuatan tulang dan gigi, kalsium juga berguna untuk membantu mengatur detak jantung, pertumbuhan otot, membantu transmisi impuls, serta mempertahankan penyerapan zat-zat gizi ke tulang dan gigi.

Menurut dr.Elida Ilyas, Sp.RM, kebutuhan kalsium orang dewasa setidaknya 1.000 miligram per hari. Kebutuhan kaslium makin meningkat pada wanita hamil dan menyusui dan orang lanjut usia, yakni sebesar 1.200 mg/hari.

Berdasarkan hasil penelitian di Indonesia, dari berbagai macam makanan yang dikonsumsi kecukupan kalsiumnya baru terpenuhi sebanyak 250 mg. Untuk menutupi kekurangannya, disarankan untuk mengonsumsi susu.

Kalsium juga bisa diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Misalnya pada ikan teri, keju, dan sayur-sayuran hijau seperti bayam dan brokoli.  Di samping itu, diusahakan cukup mendapat sinar matahari secara langsung untuk mengaktifkan provitamin D di bawah kulit agar menjadi vitamin D yang sangat penting bagi kesehatan tulang.

Tetapi Elida menekankan pentingnya memperhatikan kebutuhan kalsium agar tidak berlebihan.  “Karena kalsium itu sebelum di bawa ke tulang, dia lewat ginjal dulu, lalu diserap oleh ginjal, baru dibawa ke tulang. Tapi ginjal juga punya batasannya. Jadi kalau sudah melebihi tidak bisa diabsorbsi lalu ditinggalkan diginjal, akhirnya jadi batu ginjal,” jelasnya.

Posted on Mei 11, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: