Sir Alex Ferguson tokoh dibalik kisah sukses Klub sepakbola MU

Seperti begitu banyak manajer sepakbola, Alexander Chapman Ferguson muncul dari awal yang sederhana. Lahir di Govan, distrik pembuatan kapal Glasgow, akar kelas pekerja memainkan peran dalam pendakian untuk menjadi manajer yang paling berturut-turut dalam sejarah Liga Premier dan, setelah dua dekade yang luar biasa yang bertanggung jawab atas Manchester United, ia telah memenangkan penghargaan dari semua orang dalam permainan.

Sir Alex Ferguson atau dikenal Alex Ferguson CBE lahir 31 Desember 1941 di Lahir di Govan, distrik pembuatan kapal Glasgow. Alexander Chapman Ferguson muncul dari awal yang sederhana. Sir Alex Ferguson adalah mantan pemain sepak bola berkebangsaan Skotlandia. Selepas menjadi pemain, Ia kemudian melatih klub Stirling Timur, St Mirren, Aberdeen. Kemudian sejak 6 November 1986 sampai sekarang Sir Alex menggantikan Ron Atkinson sebagai pelatih. Ia menjadi manajer lebih dari 1000 pertandingan Manchaster United. Sir Alex Ferguson bahkan dianggap sebagai salah satu manajer terbaik di dunia. Rekor Sir Alex bahkan tidak tertandingi oleh pelatih manapun dalam sejarah sepakbola Inggris. Karakter sebagai pekerja keras sejak muda berpengaruh besar dalam prestasinya sebagai pelatih, manajer,arsitek dan tokoh yang membawa perubahan besar di Manchaster United.

Pada Bulan November 1986 Fergie menolak tawaran menggiurkan dari Barcelona, Arsenal, Rangers dan Tottenham untuk diposisikan sebagai manajer klub-klub raksasa tersebut. Ia justru memilih Manchester United dan meninggalkan keberhasilan yang diraihnya di Skotlandia. Ferguson membangun kembali Manchaster United yang masih dalam masa sulit dengan rekruitmen pemain-pemain muda. Ia terapkan kedisiplinan luar biasa pada setiap punggawa United. Ia juga memposisikan sebagai mentor, motivator dan pembangun mental pemain-pemain muda United. Fergie juga memusnahkan budaya dan tradisi minum-minuman di Old Traford dengan mengeluarkan pemain-pemain yang sudah menjadi idola di United.

Di Manchester United, Sir Alex menjadi pelatih tersukses dalam sejarah sepak bola Inggris, dengan memimpin tim memenangkan 11 gelar juara liga. Pada 1999, dia menjadi pelatih pertama yang membawa tim Inggris meraih treble dari Liga Utama, Piala FA and Liga Champions UEFA. Juga menjadi satu-satunya pelatih yang memenangkan Piala FA sebanyak 5 kali, Fergie juga menjadi satu-satunya pelatih yang berhasil memenangkan gelar Liga Inggris sebanyak 3 kali berturut-turut bersama tim yang sama (1998-1999, 1999-2000 and 2000-2001). Pada 2008, dia bergabung bersama Brian Clough (Nottingham Forest) dan Bob Paisley (Liverpool) sebagai pelatih Britania yang pernah memenangkan kejuaraan Eropa sebanyak lebih dari satu kali.

Posted on Mei 11, 2011, in Uncategorized. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: